bisnis catering

Tips Membangun Bisnis Catering Cepat Sukses

Survei


Sembari mencari tempat dan menghitung harga, sebaiknya Anda juga membuat studi kelayakan (studi kelayakan bisnis Anda.

Gampangnya, Anda harus menghitung apak omzet yang Anda peroleh di lokasi yang bisa mendatankan untung untuk Anda.

Kalau dihitung-hitung ternyata bisa menutup biaya operasional sudah bagus, tinggal dikenakan.

Ada beberapa yang bisa Anda gunakan untuk menila apakah bisnis makanan ini aman atau tidak. Yaitu, onzet bisnisnya harus bisa mencapai lima kali dari biaya sewa tempel.

Jadi kalau ongkos sewa tempat yang Anda tanggung itu sekitar Rp 500 ribu sebulan, maka minimal Anda minimal Rp 2,5 juta sebulan.

Tahu sendiri, dalam bisnis ini sewa tempat merupakan biaya yang cukup besar dan sifatnya tetap (biaya tetap).

 

Mulai membuka usaha!


Semuanya sudah oke? Nah, mari segera siapkan buka gerai usaha makanan asing. Agar lebih cepat menggaet pelanggan, Anda bisa menempuh berbagai cara promosi. Mulai dari yang konvensional-baik melalui iklan dan brosur-yang tidak biasa.

Kalau mau belajar dari kedai makanan yang sudah lebih duluan lagi, kita bisa meniru cara restoran jepang Takiga- (public relations wa.

Restoran ini sengaja menunjuk Humas PR) yang berbeda-beda dalam jangka waktu tertent dari ibu-ibu anggota arisan sampai artis. Tujuannya untuk menarik pelanggan dari berbagai golongan.

Anda juga bisa mulai menggaet pelanggan dengan memberikan sampel di kampus, bahkan perkantoran perumahan. Bila perlu, membikin selebaran dan membikin cerita pendek tentang kedai Anda di sebuah situs web berbayar atau blog gratis.

 

Kualitas makanan


Eh, jangan keburu puas diri dengan laba yang Anda kan- tongi. Ingat, semuanya itu tidak datang begitu saja.

Jangan lupakan bagaimana Anda susah payah mengangkut makanan yang tidak cukup akrab di lidah orang Indonesia sampai akhirnya mereka menggandrunginya.

Persisnya, jika sudah mampu membuka cabang di mana- mana, jangan lupa menjadi standar kualitas makanarn Anda.

Di cabang mana pun rasa makanannya harus sama. Satu cabang memiliki rasa yang berbeda dengan yang lain, pasti akan menjadi obrolan mult ke mulut oleh pelang-gan Anda.

Ingat, kekuatan mulut ini sangat luar biasa. Jadi, jangan sekali-kali lupakan kualitas makanan. Kalau perlu sekali-kali Anda juga bisa mengatur program diskon untuk mempertahankan pelanggan.

Anda bisa belajar dari cara restoran Lebih dari Beras memberikan voucher diskon Rp 5.000 per bon per tahun Rp 50.000. Dengan cara-cara itu, insya Allah, para pelanggan akan selalu kembali.

orang pung sering Tidak semua pengusaha mengawali usahanya dengan modal puluhan juta. Ada juga yang modalnya beberapa ratus tri atau jutaan, plus nekat.

Toh, masih ada faktor penunjang lain untuk membuka sebuah kantin, yaitu lokasi dan menu eme makanan. Me Jadi Anda enggan menyasar tujuan yang mungkin untuk Anda, Anda dapat mem-bidik pertokoan, perkantoran, sekolah, universitas, pabrik, bahkan rumah sakit.

Ingat ya, pengertian ‘lokasi strategis tak terbatas pada lokasi di kota atau di ping- gir perempatan yang ramai.

Strategis bisa diartikan sebagai tempat yang ramai dikunjungi orang, seperti yang disebut Aaaa di atas Jika Anda rajin mencermati, tempat-tempat strategi semacam itu pasti memiliki kantin.

Pemilik perusahaan bisa saja menjadi pemilik gedung, koperasi karyawan perusahaan itu, atau bahkan Dharma Wanita – jika gedungnya milik departeman atau lembaga pemerintah.

Namun si pemilik biasanya tidak berjualan langsung. Satu keuntungan menjajakan makanan di kantin adalah Anda tidak perlu repot mencari pengunjung.

Seandainya Anda ingin memastikan bahwa Anda cocok untuk membuka jalan Anda berbisnis makanan, langkah pertama yang harus Anda temukan di mana Anda dapat masuk dan membuka usaha.

Anda akan belajar bagaimana Katering sragen di kaleng sukses seperti Penyanyi di karenakan KUALITAS MAKANAN Yang di sajikan Selalu dijaga Tanpa Mengurangi KUALITAS.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *