Pengertian SEO Naturan VS Google Adword

SEO Natural

Yang disebut dengan SEO natural adalah upaya optimalisasi website dengan on page dan off page SEO untuk mendapatkan hasil pencarian terbaik. Pada hasil pencarian SEO natural ini, pemilik website tidak perlu membayar. Berbeda dengan pemasangan Iklan Adwords yang juga tampil pada hasil pencarian, namun mereka membayar kepada Google.        9

Gambar

Hasil Pencarian SEO Natural

Jika sebuah website bisa menempati urutan bagus hasil pencarian, urutan 1 hingga 20 pada hasil pencarian google, maka website tersebut akan mendapatkan kunjungan dari pencari informasi Pengunjung ini adalah pengunjung potensial sehingga kesempatan untuk melakukan penjualan terbuka lebar.

Makin banyak yang mengunjungi website, maka terjadinya peningkatan penjualan makin besar. Tentu saja website yang masuk urutan paling atas hasil pencarian akan mendapatkan jumlah kunjungan lebih banyak dari yang posisinya di bawah.

Untuk itu, para praktisi SEO berlomba-lomba sedemikian rupa agar websitenya bisa menempati urutan paling atas hasil pencarian.

Apa Beda AdWords dengan SEO Natural?

Adwords adalah layanan iklan berbayar dengan sistem per klik (PPC/Pay Per Click) yang diselenggarakan oleh Google, dan merupakan sumber pemasukan terbesar Google.    10

Jika Anda mencari suatu informasi dengan mengetikkan suatu keyword maka pada bagian kolom kanan hasil pencarian di Google akan terlihat sederet website yang terkait dengan keyword yang Anda cari tersebut. Sederet daftar website tersebut adalah iklan yang dipasang dengan menggunakan keyword tertentu. Nah, jika Anda meng-klik salah satu website dari daftar tersebut maka si pemasang iklan akan dikenakan biaya.

Singkatnya, setiap ada yang meng-klik iklan maka pemasang Iklan harus membayar dan sebelum dapat memasang iklan di Adword:s pemilik website atau pengelola bisnis online harus terlebih dahulu membayar sejumlah uang sebagai dana deposit.

Iklan akan ditampilkan di dalam hasil pencarian dan juga di dalam jaringan penerbit iklan Adsense Google sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Setiap ada yang mengklik iklan tersebut maka dana deposit si pemasang iklan akan berkurang secara otomatis.

Gambar

Pasang iklan Anda di Google sekarang Google AdWords Salah satu cara berpromosi bagi pebisnis online- http://www.google,co.id/intvid/adwords/

Anda harus membayar setiap jumlah kunjungan (karena tiap kunjungan/klik akan mengurangl dana deposit Adwords Anda), jumlahnya tergantung dari besar biaya yang Anda masukkan    11

sewaktu memasang iklan yang biasanya mulai dari beberapa sen hingga beberapa dollar per keyword untuk 1 kali klik-nya. Tergantung dari jumlah pesaing yang menggunakan keyword, sebagai contoh keyword “Hosting Murah”

Pada gambar berikut ini, Anda akan melihat hasil pencarian terhadap kata kunci hosting murah, dan pada kolom atas merupakan iklan (lihat gambar).

Hasil Penayangan Iklan Adwords Dengan Kata Kunci ‘Hosting Murah”

Anda akan melihat label IKLAN pada hasil pencarian yang tampil karena itu memang merupakan iklan. Di mana pemilik website tersebut menggunakan Adwords untuk tampil di dalam hasil pencarian Google. Iklan yang paling atas adalah iklan yang memiliki harga pasang paling tinggi, nomor selanjutnya lebih rendah begitu seterusnya.

Nah, kalau Anda mau iklan Anda tampil paling atas, nomor 1, maka Anda harus membayar lebih tinggi dari kompetitor Anda. Logikanya adalah iklan yang tampil paling atas atau lebih atas tentunya akan lebih dahulu di-klik oleh pencari informasi. Memang benar bahwa          12

Adwords ini sangat cocok untuk website baru atau bisnis-bisnis online baru, namun untuk kebutuhan jangka panjang maka sebuah bisnis online harus menguasai SEO.

Permainan harga ini bisa diatur otomatis, sehingga ada sistem yang mengatur sistem lelang posisi inilah yang pada akhirnya memberikan keuntungan yang luar biasa. Di mana pada keyword yang tinggi pencarian, harga per-keyword-nya bisa sangat luar bisa mahal. Dan harga itu akan terus naik seiring dari permintaan pemasang iklan, sangat dinamis.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *