penyakit indonesia

Bagaimana Islam mengatasinya Beban Ganda Penyakit Di Indonesia

Solusi Islam dalam mengatasinya Penyakit yang ada Di Indonesia

Indonesia saat ini mengalami beban ganda penyakit (double burden disease), yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular kedua-dua- nya masih tinggi angka kejadiannya.

Penyakit menular disebut juga penyakit infeksi seperti infeksi saluran napas akut ISPA), pneumonia, TBC paru, hepatitis, diare, malaria dan DBD masih merupakan penyebab kematian sekitar 22 % .

Penyakit ini disebabkan oleh jasad renik seperti mikroba, virus, jamur dan parasit dan dapat ditularkan dari seorang penderita ke orang kain sekitarnya melalui bermacam-macam cara penularan.

Pada saat bersamaan penyakit tidak menular seperti penyakit kardiovaskuler (jantung) menjadi pe- nyebab 26 % kematian di Indonesia .

( Majalah Medika No.11 , Tahun ke XLI, November 2015) Hal ini sebetulnya tidak sepatutnya terjadi karena mayoritas pendu- duk Indonesia beragama Islam.

Sebagaimana kita ketahui ajaran Islam tidak memerintahkan kecuali yang baik-baik dan bermanfaat bagi ke- bahagian dunia dan akhirat dan tidak melarang kecuali yang berbahaya bagi kehidupan dunia dan akhirat, termasuk di sini yaitu manfaat dan mudharat di bidang kesehatan.

Syaratnya yaitu umat Islam melaksana kan ajaran Islam secara kaffah (menyeluruh) Allah berfirman

“Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara ke seluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu”. (al Baqarah: 208)

 

Penyakit menular sebetulnya merupakan penyakit di negara-negara miskin dan terbelakang oleh karena keadaan penduduknya yang masih banyak kekurangan gizi dan kekurangan kebutuhan hidup lainnya seperti perumahan yang layak, sarana pendidikan, sarana olahraga sarana kesehatan, dan lain-lain.

Penduduk di sini penghidupannya masih serba kekurangan terutama dalam hal pangan yang bergizi, perumahan yang layak yang memenuhi persyaratan kesehatan demikian pula tingkat pendidikan. Penduduk masih belum terbiasa melakukan kebiasaan hidup sehat dan bersih.

Pada keadaan demikian akan terjadi pelemahan daya tahan tubuh untuk menolak penyakit dan pada saat yang bersamaan masih didapatkan besarnya sumber penyakit.

Sementara itu, golongan penyakit yang kedua yaitu penyakit tidak menular.

umumnya terjadi di negara maju atau negara makmur dengan kehidupan yang serba berkecukupan, makanan berlimpah atau berkelebihan, peralatan dan transportasi sehari-hari yang serba modern.

Serba-otomatis tidak terlalu memerlukan tenaga fisik, menyebabkan pola hidup sedentarian yaitu kurang gerak ditambah dengan makanan enak yang berkelebihan yang biasanya tinggi lemak sehingga terjadilah over weight (kegemukan) di kalangan penduduknya.

Islam gi keahaya t dan Overweight (obesitas) merupakan stadium awal dari penyakit yang berhubungan dengan cara hidup yang salah (life style related disease) yang menyebabkan sindrom metabolit dan berakhir dengan penyakit kardio vaskuler seperti stroke, serangan jantung, gagal ginjal, kanker dan penyakit degenarasi lain yang termasuk golongan penyakit tidak menular.

 

Bagaimana Islam Dapat Mencegah Kedua Beban Penyakit Ini?

Golongan penyakit yang pertama (penyakit menular) disebabkan terutama pola hidup yang kurang bersih dan faktor daya tahan tubuh yang menurun karena kurang gizi.

Islam mengajarkan kebersihan sebagiamana dapat kita lihat dari ayat Al-Qur’an dan hadits seperti telah diuraikan antara lain berikut ini.

Allah berfirman, “Dan bersihkanlah pakaianmu, dan tinggalkan segala (perbuatan) yang keji.” (al-Muddatstsir: 4-5) Nabi bersabda, sih ya an “Kebersihan adalah bagian daripada iman.” (HR ath-Thabarani) an

 

Sesungguhnya Allah bersih dan suka pada orang yang bersih, maka bersih kanlah lingkunganmu.” (HR at-Tirmidzi)

Sementara itu, untuk golongan penyakit tidak menular, Islam telah 232 mengajarkan pola hidup yang sehat sebagaimana ayat dan hadits yang diuraikan antara lain berikut ini.

Allah berfirman, “Makanlah dari rezeki yang baik-baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas, yang menyebabkan kemurkaan-Ku me nimpamu. Barangsiapa ditimpa kemurkaan-Ku, maka sungguh, binasalah dia.” (Thaahaa: 81)

 

Nabi bersabda, “Kami adalah kaum yang tidak makan kecuali kalau sudah merasa lapar dan bila makan tidak sampai merasa kenyang.” (HR Abu Dawud)

“Dasar semua penyakit adalah banyak makan, diet (membatasi makan) adalah inti semua pengobatan.”

Jadi jelas bagi kita dari firman Allah dan hadits Nabi tersebut, Islam mengajarkan atau menganjurkan untuk hidup sehat dengan menjaga kebersihan badan, makanan dan lingkungan, tidak makan berlebihan, dan beraktivitas fisik yang optimal dalam kehidupan sehari-hari.

Jika anjuran agama itu dilakukan, tentunya kedua golongan penyakit tersebut yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular akan sedikit terjadi di masyarakat.

Oleh karena itu, sebagai umat Islam hendaknya kita melaksanakan dengan sebaik-baiknya agar badan kita tetap sehat dan kesehatan ini kita gunakan untuk bertakwa kepada Allah dan mencari keridhaan-Nya.

Dan saat ini telah banyak perusahaan herbal yang peduli akan kesehatan masyarakat pada umumnya.

kesadaran masyarakat tentang kesehatan juga terus bertumbuh serta pemilihan obat obatan yang dipilih sekarang lebih mengarah ke Herbal. salah satunya adalah Naturafit sebagai perusahaan herbal telah membuka jasa maklon herbal

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *