Kehamilan Bulan Pertama (0-4 Minggu) Bagian ke 4

  1. Gangguan pencernaan

 

Selama kehamilan ini mungkin ibu merasakan keluhan bagian pencernaan yang kurang baik. Dimulai dari mulut hingga saluran cerna sampai dengan sistem pengeluaran BAB (Buang Air Besar) Keseringan meludah, gigi dan gusi yang berdarah, nyeri di bagian dada, bahkan sembelit menjadi gangguan yang tidak terelakkan.

 

Keluhan-keluhan tersebut dapat diatasi dengan memakan makanan yang tinggi serat dan bergizi, serta lebih banyak mengonsumsi buah yang aman Posisi posisi istirahat yang baik juga perlu diperhatikan. Jika sedang dalam keadaan duduk, ada baiknya mengambil posisi setengah tidur dan duduk.

 

Posisi duduk yang paling aman bagi ibu hamil (Sumber. Musrifatul Ulyah dan A. Aziz Alimul Hidayat, dalam Proktikum Keterampilan Dasar Proktik Klinik-Aplikasi Dasar-dasar Praktik Kebidanan

 

 Waspada!

 

Gangguan pencernaan mungkin terlihat sebagai hal yang sepele, namun ada baiknya jika lbu mulai memperhatikan jika timbut gejala nyeri yang hebat di area perut, ditambah pendarahan yang tidak normal.

 

Jika usia kehamilan lbu sudah lebih dari lima bulan, jangan lupa untuk selalu memantau pergerakan janin yang ada di dalam rahim.

 

 TUMBUH KEMBANG JANINKU

 

Tahapan perkembangan janin dari bulan ke bulan sering ingin diketahui oleh para ibu. Hal ini untuk memastikan ke- adaan janin yang di kandungannya dalam keadaan baik-baik saja. Mengetahui perkembangan janin dapat dilakukan de- ngan membayangkannya sesuai dengan perkembangan janin dari bulan ke bulan pada umumnya. Nah, berikut ini adalah tahapan perkembangan janin dari bulan pertama kehamilan.

 

Minggu k-1

 

  •  Ibu masih dalam masa menstruasi, namun perkiraan usia kehamilan dimulai dari tanggal Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)
  •  Di masa ini, Ibu mulai membutuhkan zat besi dan vitamin
  •  Satu minggu setelah akhir masa haid, sel telur akan lepas dari ovarium. Sel telur ini kemudian menuju tuba falopi untuk menunggu sperma (ovulasi)
  • Jika di masa subur ini lbu dan suami berhubungan, maka akan terjadi kehamilan.

 

 Minggu ke-2

 

  1. Terjadinya pembuahan
  2.  Sel sperma yang telah berhasil menembus sel telur, satu setengah hari kemudian akan membelah menjadi 2, 4, 8, 16, hingga 32 (morula)
  3. Morula berjalan dari tuba falopi dan menempel (impla- mentas) pada dinding rahim.

 

Minggu ke-4

 

  •  Janin telah berbentuk embrio
  • Embrio menghasilkan hormon HCG. Jadi lbu bisa melakukan tes kehamilan pada minggu ini yang akan ditandai dengan hasil positif pada testpack hormon HCG
  •  Embrio akan membentuk tiga lapisan, yaitu ektoderm, endoderm (bakal hati, pankreas, dan saluran pencernaan), dan mesoderm (bakal rangka, sistem darah, dan otot).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *