Kehamilan Bulan Pertama (0-4 Minggu) Bagian Ke 2

positif dan dukungan psikologis, serta siap mendengar keluhan-keluhan yang Ibu rasakan.

 

 MENGHITUNG HPHT DAN TP (TAKSIRAN PERSALINAN)

 

Hari Pertama Haid Terakhir Pada saat Ibu akan memeriksakan kehamilan untuk pertama kalinya, petugas kesehatan pasti akan bertanya seputar masa haid. Misalnya, “Kapan terakhir haidnya, Bu?” Tujuan dari pertanyaan ini nantinya akan berhubungan dengan penentuan usia kehamilan yang sudah terjalani, bahkan untuk menafsirkan kira-kira kapan Ibu akan melahirkan.

 

Tip: Untuk mengingat kapan terakhir masa haid, bu bisa mulai dengan memperkirakan bulan terakhir haid. Dari situ lbu bisa menghubungkannya dengan kejadian atau tanggal merah. Jika Ibu memiliki jadwal haid yang teratur, maka akan lebih mudah.

 

Info: USG (Ultra Sono Grañ) merupakan alat pemeriksaan kehamilan yang akan membantu lbu untuk mengetahui usia kehamilan yang sedang dijalani. Mereka menggunakan pengukuran pada beberapa bagian tubuh janin untuk memperkirakan usianya, USG biasanya dilakukan untuk lbu yang memiliki jadwal haid yang tidak teratur.

 

Tafsiran Persalinan

 

Ada tiga cara untuk mengetahui masa persalinan, yaitu:

 

  1. Dengan menghitung TFU (Tinggi Fundus Uteri). Pe- meriksaan dilakukan oleh tenaga medis.

 

  1. Dengan gerakan janin yang pertama kali dirasakan. Jika ini adalah kehamilan pertama, maka lbu akan merasakan gerakan janin pada usia kehamilan 19-21 minggu. Namun, jika ini adalah kehamilan kedua atau seterusnya, maka Ibu akan merasakan gerakan janin lebih cepat, yaitu pada usia kehamilan 17-19 minggu.

 

  1. Dengan menggunakan rumus Neagle. Dalam dunia kesehatan, rumus ini digunakan untuk menentukan kapan lbu akan melahirkan. Rumus ini juga dapat digunakan untuk lbu dengan jadwal haid yang teratur (28 hari). Jangan khawatir dengan perhitungan lainnya yang memiliki siklus haid teratur, namun lebih pendek atau panjang.

 

  1. Siklus normal 28 hari Dengan hari haid pertama, tambahkan tujuh. Untuk bulannya, kurangkan tiga, lalu tahunnya ditambahkan satu. Namun, jika lbu Anda dalam kurun bulan Januari, Februai, dan Maret, rumusnya dapat diganti. Rumusnya menjadi tambahkan tujuh untuk harinya dan bulannya ditambah sembilan, sedangkan tahunnya tetap.

 

Contoh: lbu memiliki HPHT 6 Juli 2016, maka:

 

. Hari: 6 +7 13

. Bulan: 7-3-4

. Tahun: 20161-2017

 

Jadi, dapat diperkirakan tanggal persalinan Ibu adalah 13 April 2017

 

Contoh lainnya, untuk tiga bulan di awal tahun, HPHT lbu adalah 6 Februari 2016, maka: . Hari: 6+7 13 . Bulan: 2+9-11 . Tahun: tetap Jadi didapatkan perkiraan persalinan adalah 6 November 2016.

 

  1. Siklus pendek (14-26 hari) Jika lbu memiliki siklus haid yang pendek antara 14-26 hari, misalnya siklus 26 hari, maka tafsiran persalinan dimundurkan dua hari. Ini dikarenakan rumus Neagle berlaku untuk siklus 28 hari. Jadi, jika lbu memiliki siklus lebih pendek antara 14- 26 hari, kurangi saja siklus normal dengan siklus pendek.

 

Contoh: HPHT terakhir lbu adalah 6 Juli 2016. Di siklus normal (28 har), didapatkan tafsiran persalinan adalah 13 April 2017. Namun, dengan siklus 26 hari, tinggal dikurangi dua hari (13 2) sehingga didapat tanggal 11 April 2017.

 

 

  1. Siklus panjang (31-40 hari) Perhitungan dengan menggunakan masa haid dengan siklus panjang tidak jauh berbeda de- ngan perhitungan sebelumnya. Contoh berikut menggunakan siklus 40 hari.

Contoh: HPHT lbu 6 Juli 2016. Di siklus normal (28 hari), dari HPHT ini didapat tanggal 13 April 2017 untuk masa kelahiran. Dengan perhitungan siklus 40 hari, hanya perlu mengurangi siklus panjang dengan siklus normal (40 28 12).

 

Setelah itu, tambahkan (13+12 25). Akhirnya akan didapat tafsiran persalinan yang memiliki siklus haid panjang (40 hari) adalah 25 April 2017.

 

Mengapa Ibu sangat dianjurkan untuk mengetahui jadwal haid dan kapan hari pertama saat haid yang terakhir? Hal ini untuk menentukan usia kehamilan, serta tafsiran kapan Ibu akan melahirkan. Tentu saja ini dapat diandalkan bagi lbu yang memiliki jadwal haid yang teratur Bagi lbu yang jadwal haid tidak teratur, tidak perlu khawatir. Dengan kemajuan teknologi USG dapat membantu untuk menentukan usia kehamilan dan perkiraan akan melahirkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *