Tips Membangun Hubungan yang Kuat Dalam Bisnis

Membangun Hubungan yong Kuat Dalam Bisnis


ntuk bisa sukses dalam berbisnis, Anda harus membangun hubungan yang kuat dengan banyak orang. Hubungan ini akan membantu bisnis tumbuh, mereka akan membantu dalarm masa-masa sulit dan mereka akan membawa banyak kebahagiaan ke dalam kehidupan bisnis Anda. Seperti hubungan lainnya, hubungan bisnis harus dibangun dari waktu ke waktu didasari rasa saling percaya. Bab ini akan membahas cara membangun hubungan untuk membantu Anda sukses dalam kehidupan kewirausahaan.

Topik-topik yang dibahas termasuk:

  • # 11 Dengan siapa Anda ingin memiliki hubungan yang kuat ?
  • # 12 Selalu periksa referensi dari pemasok potensial .
  • # 13 Gunakan waktu untuk mempelajari orang demi membangun hubungan dengannya.
  • # 14 Mulutmu , harimaumu . #
  • # 15 Jangan biarkan isu remeh merusak hubungan jangka panjang.

Dengan Siapa Anda ingin memiliki hubungan yang kuat ?


Dari hasil observasi, saya melihat bahwa para pemilik bisnis sukse pada umumnya sangat ahli dalam membangun relasi dengan setiap orang yang berhubungan dengan mereka, termasuk staf konsumen, pemasok, tuan tanah, bank, dan para penasihat profesional, seperti pengacaran dan akuntan.

Orang-orang in sangat memahami bahwa untuk membangun bisnis yang sukses tidak cukup hanya mengandalkan satu individu, tapi dibutuhkan sebuah tim atau jejaring dengan banyak komponen yang masing- masing sama pentingnya.

Pengusaha seringkali mengabaikan beberapa hubungan atau tidak memberikan perhatian yang semestinya. Sebuah contoh yang muncul di benak saya adalah perbankan.

Seperti kebanyakan orang, saya berasumsi bahwa hari-hari nasabah memiliki hubungan dengan manajer bank sudah lama hilang.

Saya telah menjadi nasabah sebuah bank besar selama bertahun-tahun dan tidak pernah berpikir untuk pindah karena saya pikir semua bank sama saja.

Hal ini mengakibatkan banyak masalah: saya kesulitan untuk menarik uang melebihi batas kredit, saya tidak memiliki kontak pribadi yang bisa menasihati tentang berbagai urusan finansial, dan saya sungguh memandang perbankan sebagai sesuatu yang menjengkelkan daripada sebagai kesempatan untuk membangun hubungan.

Semua itu berubah saat saya didekati oleh sebuah bank butik kecil bernama The Cairns Penny Savings & Loans.

Bank ini sudah beroperasi selama lebih dari seratus tahun, tapi saya tidak tahu banyak tentangnya. Firma saya ditunjuk untuk mengembangkan rencana pemasaran strategis, sebuah logo baru, dan citra korporat bagi bank itu, dan kami melakukannya.

Selama proses ini, saya banyak mempelajari tentang bisnis yang mengesankan tersebut dan tidak lama kemudian saya sudah memindahkan rekening tabungan saya ke mereka.

Tiba-tiba saya memiliki seorang manajer bank yang tidak saja mengetahui nama saya, tapi juga memegang peran aktif dalam bisnis dan masih berlanjut sampai sekarang.

Dia adalah salah satu mentor tidak resmi saya, seorang pria jujur dan terbuka yang telah membantu bisnis saya tumbuh. Saya akan selalu berterima kasih padanya.

Poin yang ingin saya katakan di sini adalah kita tidak perlu percaya pada semua yang kita baca, dalam kasus ini, tentang bank.

Tidak semua bank sama dan kesempatan untuk membentuk hubungan itu ada jika Anda bisa menemukan orang yang tepat.

Hal yang sama juga berlaku terhadap hampir semua orang yang berhubungan dengan Anda, tapi Anda harus berpikiran terbuka untuk membiarkan sebuah hubungan terbentuk.

Selain itu, juga dibutuhkan rasa percaya dan usaha.

Setiap kali konsumen datang ke bisnis Anda, mereka meletakkan kepercayaan dan keyakinan mereka bahwa Anda akan memenuhi harapan mereka.

Jika Anda memenuhinya, mereka akan tetap kembali.

Jika Anda berusaha membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan pemasok, mereka juga akan membalasnya.

Walaupun membangun hubungan itu penting, tapi dalam prosesnya Anda pasti akan menemui beberapa orang yang tidak bisa dihadapi atau tidak bisa dipenuhi harapannya.

Dalam kasus ini, hubungan tidak akan terbentuk dan itu tak apa-apa. Biarkan saja dan terus maju dengan harapan situasi seperti ini akan jarang terjadi.

Tuangkan usaha, energi, dan pikiran ke dalam roda penggerak bisnis, serta tentukan manfaatnya bagi Anda dan bagi orang lain jika memiliki hubungan yang lebih kuat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *